Belajar Kaidah Ilmu Pengetahuan Secara Online Kapanpun dan Dimanapun.....

Pengertian Gerak Melingkar dan Macam-macam Gerak Melingkar

Pengertian Gerak Melingkar dan Macam-macam Gerak Melingkar - Pengertian Gerak Melingkar, macam-macam gerak melingkar, Apakah Gerak melingkar Beraturan itu? Apakah Gerak melingkar Berubah Beraturan itu?, pengertian GMB, Pengertian GMBB.

Pengertian Gerak Melingkar

Gerak melingkar atau gerak sirkuler (bahasa Inggris: circular motion) adalah gerak suatu benda yang membentuk lintasan berupa lingkaran mengelilingi suatu titik tetap. Agar suatu benda dapat bergerak melingkar ia membutuhkan adanya gaya yang selalu membelokkan-nya menuju pusat lintasan lingkaran.
Gerak Melingkar

Macam-macam Gerak Melingkar

Jenis gerak melingkar ada dua, gerak melingkar beraturan (GMB) dan gerak melingkar berubah beraturan (GMBB). Berikut penjelasannya.

1. Gerak Melingkar Beraturan (GMB)
Gerak melingkar beraturan atau GMB adalah gerak melingkar dengan kecepatan konstan (beraturan). Pada GMB kecepatan sudut selalu tetap dan percepatan sentripetalnya sama dengan nol. Jika ω (omega) merupakan lambang dari kecepatan sudut, θ adalah perpindahan sudutnya, dan t adalah rentang waktunya.Maka persamaan dari ketiga komponen tersebut didapat rumus persamaan gerak melingkar beraturan
2. Gerak Melingkar Berubah Beraturan (GMBB)
Yang membedakan Gerak Melingkar Berubah Beraturan dengan Gerak Melingkar Beraturan adalah adanya percepatan sudut α (Alfa). Ini sama dengan perbedaan GLB dengann GLBB. Karena ada percepatan (alfa) maka kecepatan sudut ω akan mengalami perubahan. Jika alfa positif berarti kecepatan sudut akan semakin bertambah (dipercepat). Sebaliknya, jika percepatan (alfa) negatif makan kecepatan sudut semakin berkurang (diperlambat).  
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Gerak Melingkar dan Macam-macam Gerak Melingkar