Belajar Kaidah Ilmu Pengetahuan Secara Online Kapanpun dan Dimanapun.....

Macam-macam Jenis Tuas atau Pengungkit dan Contohnya Lengkap

Berikut ini merupakan pembahasan konsep Tuas atau Pengungkit yang merupakan bagian dari salah satu contoh jenis pesawat sederhana.

Pembahasan ini mencakup macam-macam tuas atau macam-macam pengungkit, jenis-jenis tuas atau jenis-jenis pengungkit, cara kerja tuas, contoh tuas, tuas jenis pertama, kedua dan ketiga.

Macam-macam Jenis Tuas atau Pengungkit

Tuas dibedakan menjadi tiga, yaitu tuas jenis pertama, tuas jenis kedua, dan tuas jenis ketiga. Ketiga jenis tuas tersebut didasarkan pada posisi sistem kerjanya.

a. Tuas jenis pertama

Tuas jenis pertama memiliki susunan seperti gambar di bawah ini. Posisi titik tumpu sistem kerja tuas jenis pertama berada di antara beban dan kuasa. Tuas jenis ini bekerja dengan memperbesar gaya yang diberikan.
Macam-macam Jenis Tuas atau Pengungkit dan Contohnya Lengkap
Gambar: Diagram Tuas Jenis Pertama

Contoh Tuas Jenis Pertama

Contoh tuas jenis pertama adalah palu cakar, yaitu palu yang digunakan untuk mencabut paku. Paku yang akan dicabut merupakan beban. Titik tumpu palu cakar berada pada kepala palu dan kuasa diberikan pada gagang palu.
Macam-macam Jenis Tuas atau Pengungkit dan Contohnya Lengkap
Gambar: Contoh Tuas Jenis Pertama (Gunting)

Contoh tuas jenis pertama lainnya adalah gunting. Gunting terdiri atas dua buah tuas jenis pertama yang bekerja dalam waktu bersamaan. Bagian tengah gunting merupakan titik tumpu.

Bebannya berupa benda yang akan dipotong. Beban diletakkan pada salah satu ujung gunting. Sedangkan jari-jari tangan kita merupakan kuasa dan diletakkan pada ujung yang lain. Tuas seperti ini disebut dengan tuas gabungan jenis pertama.

b. Tuas jenis kedua

Gambar di bawah ini menunjukkan diagram tuas jenis kedua. Tuas jenis kedua juga bekerja dengan cara memperbesar gaya.
Macam-macam Jenis Tuas atau Pengungkit dan Contohnya Lengkap
Gambar: Diagram Tuas Jenis Kedua

Beban tuas jenis kedua terletak di antara titik tumpu dan kuasa. Pembuka tutup botol merupakan contoh tuas jenis kedua. Titik tumpu pembuka tutup botol terletak pada ujung pembuka.

Untuk membuka tutup botol, titik tumpu pembuka tutup botol diletakkan pada tutup botol. Dalam hal ini tutup botol merupakan beban, sedangkan tangan kita yang membuka bertindak sebagai kuasa.

Contoh Tuas Jenis Kedua

Contoh tuas jenis kedua adalah gerobak dorong satu roda dan pemecah kemiri. Pemecah kemiri terdiri atas dua buah tuas jenis kedua yang bekerja bersamaan. Tuas seperti pemecah kemiri disebut sebagai tuas gabungan jenis kedua.
Macam-macam Jenis Tuas atau Pengungkit dan Contohnya Lengkap
Gambar: Gerobak Dorong satu Roda

c. Tuas jenis ketiga

Tuas jenis ketiga mempunyai posisi kuasa yang terletak di antara titik tumpu dan beban seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
Macam-macam Jenis Tuas atau Pengungkit dan Contohnya Lengkap
Gambar: Diagram Tuas Jenis Ketiga

Tuas jenis ketiga bekerja dengan cara memperbesar gerakan. Sumpit mi merupakan contoh tuas jenis ketiga. Mi yang akan dimakan merupakan beban dan diletakkan pada ujung sumpit.

Ujung yang lain merupakan titik tumpu. Sedangkan posisi tangan kita diletakkan di tengah antara beban dan titik tumpu.

Contoh Tuas Jenis Ketiga

Contoh dari tuas jenis ketiga antara lain pinset, penjepit roti, dan staples. Ketiga contoh tersebut merupakan contoh tuas gabungan jenis ketiga.
Macam-macam Jenis Tuas atau Pengungkit dan Contohnya Lengkap
Gambar: Staples Contoh Tuas Jenis Ketiga

Demikian pembahasan yang singkat, padat dan jelas tentang macam-macam jenis tuas atau pengungkit dan dilengkapi dengan contohnya masing-masing.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Macam-macam Jenis Tuas atau Pengungkit dan Contohnya Lengkap